Home SEKILAS INFO Seputar Dunia Sablon Tips Cara Mengoplos/ Mencampur Rubber untuk Tinta Sablon Kaos

Tips Cara Mengoplos/ Mencampur Rubber untuk Tinta Sablon Kaos

E-mail Cetak PDF

Tinta Rubber atau tinta karet merupakan jenis tinta waterbase yang banyak dipakai para sabloners sebagai tinta sablon kaos, di pasaran sendiri terdapat banyak sekali merk tinta rubber dari harga yang sangat murah hingga harga yang cukup mahal. Nah kali ini penulis akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana mencampur atau mengoplos tinta rubber untuk keperluan sablon kaos.

Tips Cara Mengoplos/ Mencampur Rubber untuk Tinta Sablon Kaos

1. Pertama kenali karakter tinta rubber yang akan dicampur atau dioplos, apakah masing-masing tinta mempunyai karakter kuat/awet, lentur, daya tutup bagus, dan sebagainya. Karakter tinta ruber biasanya diketahui setelah mencoba tiap-tiap tinta rubber.

2. Kedua, tentukan hasil oplosan atau campuran yang akan dibuat. Tinta rubber yang baik menurut penulis adalah yang kuat/ awet, lentur, daya tutup bagus, dan ekonomis/ murah. Nah dari pengalaman penulis menemukan beberapa merk tinta rubber dengan karakter yang paling mendekati sebagai berikut:
a. Matsui
Mempunyai karakter kuat, lentur dan awet, tapi harga agak mahal (kurang ekonomis)
b. LA
Mempunyai karakter lentur dan tidak mudah kering, harga kurang ekonomis
c. GK Lokal
Mempunyai karakter daya tutup dan presisi bagus, harga murah atau ekonomis

Dari tiga karakter ruber di atas penulis mencoba mendapatkan hasil oplosan tinta rubber dengan karakter murah/ ekonomis, daya tutup bagus, presisi bagus, lentur.

3. Jika sudah menentukan hasil oplosan tinta ruber yang ingin didapatkan campurkan tiap bagian tinta dengan komposisi yang dikerhendaki, dalam hal ini penulis mencampur dengan perkiraan komposisi sebagai berikut: Matsui: 20%, LA: 20%, GK Lokal: 60%

4. Aduk tinta ruber yang sudah dicampur sampau benar-benar tercampur dengan baik, jika perlu tambahkan sedikit binder. Jika sudah tercampur dengan baik siap ditambahkan pigmen atau pewarna untuk mendapatkan warna yang dikehendaki. Baca: Tips Cara Mencampur Tinta Rubber dengan Pigmen atau Pewarna.

Dengan komposisi di atas sebagaimana yang sudah penulis coba dan berhasil mendapatkan hasil sablon dengan biaya murah/ekonomis, daya tutup bagus, lentur, presisi dan awet.

Ulasan di atas adalah sedikit yang bisa disampaikan oleh penulis dari hasil pengalaman mencampur atau mengoplos tinta ruber selama ini, tentunya masih banyak kekurangan yang mungkin bisa dikoreksi oleh sahabat sabloners lain melalui komentar di bawah agar dapat menambah wawasan pembaca lain yang membutuhkan. Semoga bermanfaat