Home SEKILAS INFO Seputar Dunia Sablon Tips Pengeringan Tinta Plastisol dengan cara sederhana

Tips Pengeringan Tinta Plastisol dengan cara sederhana

E-mail Cetak PDF

Tinta plastisol adalah tinta sablon berbahan jenis PVC. Tinta ini tidak mudah kering dengan alat pengering biasa dan tidak bisa kering dengan sendirinya. Alat pengeringnya bisa dengan Curing atau minimalnya dengan Hot Gun. Proses pengeringan tinta plastisol ini harus benar-benar kering, terutama jika menggunakan Hot Gun. Tinta plastisol yang tidak kering dengan sempurna akan pecah jika ditarik.

Pada gambar di atas terlihat juga hasil press-an yang tidak rata, hal ini disebabkan oleh suhu pengepressan yang kurang tinggi. Suhu pengepressan untuk tinta plastisol berkisar antara 170 - 180 derajat dengan kisaran waktu 15 - 30 detik.
Rekomendasi terbaik untuk pengeringan tinta plastisol adalah menggunakan curing, baik yang Portable Curing, Flash Curing, atau yang Conveyor Curing. Proses pengeringan dengan curing ini lebih merata dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan Hot gun.

Kelebihan tinta plastisol jika dibandingkan dengan tinta rubber adalah lebih awet dan tahan lama. Tetapi akan rusak jika disetrika. Kelebihan lain dari tinta plastisol ini adalah mampu membuat efek-efek sablonan yang tidak dapat dibuat oleh tinta rubber. Diantara efek sablon tinta plastisol adalah efek aspal, efek kayu, efek batu karang, caviar, straight up,  dll.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 31 Maret 2015 20:00 )